Kamis, 18 Oktober 2012

Media Pembelajaran



Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran (Mid Semester)
Soal !
1.      Jelaskan karakteristik dan nilai-nilai edukatif foto sebagai media pembelajaran!
Jawaban:
Ø  Karakteristik foto
Foto sebagai media cetak dan sekaligus media grafis, juga termasuk media visual  yang mana untuk menyerap pesan yang dikandungnya dengan menggunakan indera penglihatan dan pesan yang ada dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual (Sadiman, dkk.,1993:28)
Menurut bentuknya,  ini sebenarnya termasuk media grafis yang dapat diproyeksikan (transparant intructional media) karena dibuat diatas bidang transparan, yakni film negative, artinya merupakan bidang yang temmbus cahaya, yang terproyeksikan pada bidang layar dengan alat proyektor yang compatible (Sudarmono, 1988). Untuk mengembangkan media foto ini, biasanya menggunakan film negative yang juga terbuat dari plastik celeluide. Media foto ini, karena software film negative yang dihasilkan dapat dikembangkan dalam bentuk media cetak (fotografis), maka lebih sering foto dikategorikan sebagai media cetak. Untuk mengembangkan foto ini, pengembang biasanya menggunakan film negative dengan ASA tertentu.
Perancangan foto ini juga tidak dapat dilepas dari pengembangan instruksional, terutama terhadap tujuan yang akan dicapai. Di samping itu, dalam memproduksi media foto, tidak boleh melupakan karakteristik media foto itu sediri, karakteristik siswa, sifat pesan dan proses penggunaannya. Membuat media foto tidak asal buat saja meskipun hasilnya baik. Sebagai media grafis, tindakan desain dalam pengembangan media foto seyogyanya menerapkan prinsip-prinsip dan unsur-unsur grafis yang distandarkan.

Ø  Nilai-nilai Edukatif Foto
1.      Mampu mengatasi keterbatasan pengalaman siswa; Dengan melalui visualisasi objek-objek dalm bentuk proyeksi, objek yang tervisualisasikan nampak lebih besar (5 kali dari ukuran aslinya) sehingga akan lebih memudahkan bagi pengamat untuk mencermati secara lebih dalam;
2.      Mampu mengatasi keterbatasan-keterbatasan ruangan kelas; Dengan melalui visualisasi objek-objek yang berukuran besar (tidak mungkun dibawa ke kelas), misalnya foto seekorgajah, dapat dipresentasikan secara jelas i dalam kelas sehingga tidak ada alasan bagi guru atau dosen untuk mengalami kesulitan mendemonstrasikan objek-objek berukuran besar di kelas;
3.      Mampu menghasilkan keseragaman pengamatan terhadap objek-objek tertentubagi mahasiswa;
4.      Mampu menanamkan konsep dasar yang benar bagi mahasiswa
5.      Memungkinkan terjadinya interaksi langsungantara mahasiswa dengan linkungan
6.      Mampu menyajikan pesan-pesan secara lebih konkret dan realistis
7.      Mampu menimbulkan keinginan dan minat baru bagi mahasiswa
8.      Membangkitkan motivasi belajar mahasiswa
9.      Mampu memberikan pengalaman yang integral dari yang konkret ke yang abstrak.

2.      Jelaskan karakteristik dan nilai-nilai edukatif video sebagai media pembelajaran!
Jawaban :
Ø  Karakteristik  video
Video merupakan media visual gerak dan bersuara yang terkemas dalam sheet film celeluide atau pun secara digital pada CD video atau CD film, yang dalam perkembangannya kemudian memarak ke bentuk-bentuk yang lebih inovatif,seperti : VCD film ataupun VCD video dan DVD film ataupun DVD video.
Ø  Nilai-nilai edukatif video
1.      Sangat efektif untuk mengembangkan daya imajinasi siswa
2.      Mampu menyampaikan pesan-pesan historis sebuah dongengan atau ceritera secara visual
3.      Efektif untuk demonstrasi pembacaan karya sastra seperti: puisi sajak-sajak dan sebagainya
4.      Menyemangatkan belajar siswa, melalui alunan musik-musik instrumentalia yang membackground-i
5.      Meningkatkan kesemangatan senam atau menari yang tengah dilatihkan
6.      Mampu mengembangkan indera visual sekaligus indera auditif siswa
7.      Mampu memvisualisasikan objek-objek yang berukuran besar dan bahkan yang berukuran sangat kecil
8.      Mampu memvisualisasikan objek-objek yang berlokasi jauh dan bahkan objek-objek yang terjadi di masa lampau (objek-objek dokumenter)
9.      Mampu memvisualisasikan suatu proses aktivitas tertentu, misalnya: proses berjalannya mesin 4 tak, pembuatan tempe, editing video, dan lain sebagainya.

3.      Jelaskan karakteristik dan nilai-nilai edukatif media audio sebagai media pembelajaran!
Jawaban :
Ø  Karakteristik media audio
·         Media audio merupakan bentukan media baik software maupun hardware yang mengandung dan mampu menyampaikan pesan-pesan yang terkandung secara auditif. Artinya pesan-pesan yang dikandungnya disampaikan dengan melalui saluran indra pendengaran.
·         Termasuk jenis media rekaman suara ( audio recorder ); dengan menggunakan bahasa verbal atau sound effect dan musik.
Ø  Nilai-nilai Edukatif
1.      Sangat efektif  untuk mengembangkan dayaa imajinatif siswa
2.      Mampu menyampaikan pesan-pesan historis melalui dongengan atau cerita
3.      Efektif untuk membacakan karya sastra, seperti puisi, sajak-sajak, dan sebagainya
4.      Menyemangatkan belajar siswa, melalui alunan musik-musik instrumentalia
5.      Meningkatkan kesemangatan senam atau menari yang tengah dilatihkan
6.      Mampu mengembangkan indra auditif atau pendengaran siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar